Thursday, August 28, 2014

SEJARAH KEHIDUPAN MAKANAN BAKSO

Lelakijelata.blogspot.co.id- Assalamualaikum Warahmatullah! Misi Om!! Sedikit share tentang makanan bakso nih, wahhh kok bakso?? Iya bakso merupakan makan yang amat sangat diminati oleh beberapa negara didunia, baik itu anak-anak bahkan sampai dewasa sekalipun. Bakso diminati dalam hal ini karena ramuan dalam menggoyangkan lidah, dan juga bola kenyal menjadi senjata penumpas lidah masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia sangat cocok dengan si “buntel” ini. Gimana kalau lidah gue? Haha jangan ditanya lagi. Nyogok dengan bakso udah cukup ampuh melumpuhkan hati para lelaki jelata diluar sana!!



Sebelumnya gue jelasin dulu, sebenarnya bakso asalnya darimana sih?? bakso merupakan makanan asli Tionghoa Indonesia yang ditemukan pada abad 17 yaa sekitar tahun 1700 Masehi. Nama tersebut diambil dari kata kata Bak-So, jika dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti 'daging giling'. Jadi ibarat kata, selama gue jadi guru IPS memang bakso memiliki campuran antara ras Mongoloid dengan ras Melayunoid hehehe.

Konon katanya, Bakso dahulu pertama kali dibuat oleh seorang Ibu di daerah China yang dimana anak tersebut enggan makan daging, dan akhirnya sang ibu pun kerepotan karena si anak sangat ogah makan daging. Kekhawatiran ibu ini ternyata memberikan kreatifitas dengan cara “menyumpel”  daging sapi di buritan tepung yang dibuat bulet, yang kemuddian direbus dalam air mendidih dan diberikan kepada anak tersebut, dan si anak sangat suka dengan si buntelan ini. Si anak penasaran dengan ramuan si Ibu, si anak mulai kepo sama si ibu, dan akhirnya si Ibu pun mengakui kalau buntelan yang dia makan itu cuma terbuat tepung dan daging. Bagaimana respon si anak?? Mulai pada hari itu juga, si anak jadi mencintai daging karena rasanya sangat enak.

Weleh2 mumet tenan, ternyata bakso terjadi karena seseorang alias si anak yang ogah makan daging cyiinnn!! Dan bakso pun merebak setelah banyaknya orang melayu membawa makanan ini ke Indonesia. Kok cuma dibawa ke Indonesia?? Cuma orang Indonesia dahulu yang katanya demen makanan bulet2 hehe sedangkan negara lain menganggap aneh si “Buntelan” bakso ini. Tapi dengan racikan yang sedap dengan ditambahnya mie dan kuah, Bakso menjadi tenar ke beberapa negara pada abad 18.

Sangking tenarnya nih bakso, bakso menjadi makanan yang cukup diperhitungkan di dunia. Mengapa? Karena bakso yang gue tau memiliki arti dalam bahasa Inggris yang artinya “Meatball” menjadi salah satu kata yang ditempatkan dalam kamus Oxford, tapi brooo!! yang cukup gue sayangkan penamaan Bakso tidak menjadi nama aslinya ‘Bakso” dalam kamus Oxford, ehh malah berubah jadi “Meatball”. Berbeda dengan Nasi Goreng, makanan ini merupakan asli racikan orang Indonesia, dan tahukah broww kalau nasi goreng masuk dalam kamus Oxford sebagaimana aslinya yaitu “Nasi Goreng”, dan tidak berubah nama menjadi “Fried Rice” . Wahh selamat deh Nasi Goreng menjadi terkenal di Inggris, udah sampai masuk Kamus Oxford pula!! Top buat Nasi Goreng!! bahkan Obama (Presiden AS) amat suka dengan jenis masakan Indonesia yaitu cuma Nasi Goreng.

Oke kembali ke Bakso, Bakso atau baso adalah makanan berupa bola daging yang umumnya dibuat dari campuran daging sapi dan tepung. Menurut penelitian yang gue dapet, nilai gizi bakso sapi secara umum memiliki 16,80%-49,53% protein, 4,18%-20,21% lemak, 35,52%-56,18% karbohidrat, 6,52%-11,05% abu, dan 5,14%-8,25% NaCl Berdasarkan data tersebut, kandungan bakso yang kurang memenuhi kebutuhan kalsium. (Annual Report of IC Biotech Osaka University)

Gue kasitau nih bagi para penggemar bakso, sebenarnya bakso memiliki tingkat Gizi yang amat sedikit bablas ndas!! Lho kok kenapa? Mie beserta kuah dalam bakso tidak mampu menambah nilai gizi secara signifikan. Nah maka dari itu, menurut gue senjata utama untuk meningkatkan gizi si bakso cuma terletak pada si “buntelan” bakso jika memiliki daging sapi, inget daging sapi!!. Karena Sumber terkaya zat besi ada pada daging sapi. Zat besi bisa melancarkan aliran listrik di dalam otak. Widih gaya banget bahasa gua pakai “aliran listrik” wkkwk mumet cara ngejelasinnya hehe maklum bukan pakar gizi. Pokoknya menurut guru biologi gue pas TK, zat itu bekerja sama dengan omega 3 dan vitamin B12 buahahaha :D

Ohya sebenarnya gue pengen nyinggung tentang formalin dalam bakso, tapi gue ngeri kalau kalian jadi ogah makan bakso dan pedagang bakso jadi seret pendapatannya haha. Slah satu alasan ada pedagang bako yang pakai formalin, karena bakso dalam kemasan terbuka tidak memiliki ketahanan lebih dari satu hari, sebenarnya bisa bertahan jika dimasukin kulkas tapi bener mentok sampai 3 hari. Ko bisa gtu?? Iyaps karena tepung yang sudah dimasak, tidak bisa bertahan lama. Untuk itulah tepung yang sudah diolah harus diiberi pengawet layaknya Mie Bungkus. Nahloh!! Untuk itulah carilah pedagang yang kompatibel dan jujur dalam membuat bakso tanpa pengawet. Tapi kalau udah lapar, ya apa aja dimakan walau berformalin!! Ngoahaha!!

Selain formalin/pengawet, ada yang lebih ngeri, yaitu ada bakso yang dijual oknum pedagang ternyata bukan memakai daging sapi, melainkan daging tikus ataupun daging bab*i. Ini sungguh edian, masa ada orang sampe segitunya membuat bakso seperti itu, ini sungguh tidak berperikebaksoan!! Namun berikut dibawah ini ada foto cara ngebaedain mana daging sapi asli dengan daging oplosan.

Perbedaan Warna Daging Sapi Asli dengan Daging Oplosan

Oke lanjut lagii, lupakan tentang formalin dan daging oplosan, ohya bagaimana dengan varian bakso? Yapss, Bakso memiliki varian yang banyak sekarang, selama yang gue inget, bakso yang pernah gue makan, ada bakso rusuk, bakso atom, bakso keju, bakso rudal, bakso telor, bakso malang, bakso solo, bakso ikan, bakso ayam, bakso tusuk, bakso buah, walah pokoke bakso memiliki gudang kreatifitas bagi para pengusaha. Tertarik jadi pedagang bakso? Hehe :D

Bukan hanya di Indonesia, ternyata Varian bakso cukup populer di seluruh Dunia lho!! Oke berikut penampakan varian hidangan Bakso yang ada diseluruh Dunia, Check this out!!




So, Bakso?? Hmm gara2 liat gambar bakso, gue mulai laper nih, oke deh segitu aja kali yak bahasan kita, gue mau makan bakso dulu!! Hahahayy...

Wassalamualaikum Warahmatullah.

-----------------

Written By : Muhammad Faisal Aulia
Contact : faisaulia@gmail.com

2 comments:

  1. kreatif bener tuh ibu ya, jadi ingat waktu kecil dulu lihat adekku juga dikasih makan sama ibuku pake nasi dilumat-lumat... apa itu juga awal mula bubur ya? ha ha

    ReplyDelete
  2. Haha iya mas huda. Konon Katanya bubur juga awalnya dilumetin sm ibu2 buat anaknya, apa jgn2 ibu penemu bakso dan bubur juga sama kali ya? hehe

    ReplyDelete