Wednesday, October 29, 2014

HEMAT DONGKRAK PERFORMA YAMAHA VIXION

Lelakijelata.blogspot.com - Assalamualaikum Waramatullah, hello sob smoga diberikan kebaikan dan kesehatan selalu sama Allah, oke well kali ini saya mau ngeshare cara simple aja nambah performa motor besutan Yamaha yaitu Vixion/New Vixion Fuel Injection yang udah jadi trendsetter motor sport sejuta umat coz kelebihan yang ditawarkan adalah iritnyaaaa itu lhooooo!! Dan tampang okelah lumayan daripada lumanyun ngoahahaha….

Oke setelah si piksen berhari-hari terus bersama saya buat kerja, kuliah, ngantar enyak ke pasar dan touring, akhirnya ketemu juga kelemahannya yaitu kenaikan suhu mesin vixion yang sangat panas gara2 matahari yang menyengat dan macetttt sangat berpengaruh terhadap performa Vixion, yaituuu lemot dan letoyyyyy brooo. Asli udah kayak bawa beban berat ni motor kalau dah panas, apa gara2 karakter mesin Yamaha ya? kalau panas banget emang lemot?

Namun ketika suhu udara berubah jadi dingin kayak saat malem, tarikan mesin jadi ngacir apalagi pas tarikan awal, karena juga berhubung Torsi Vixion sekelas 150 cc yang lumayan tinggi. Spesifikasi Vixion dengan system pengkabutan injeksi serta pendinginan berjenis radiator atau oil cooler motor ini sanggup memuntahkan power on wheel Yamaha New Vixion keluar hanya sebesar 14,17 dk/8.600 rpm dan torsi 13,10 Nm di rpm mesin 7500, power dan torsi yang cukup besar ini dikarenakan si vixion memiliki mesin tegak single cylinder dengan 4 katub atau 4 klep SOHC dengan perbandingan kompresi 10,4 : 1

Mungkin ini sedikit cara simple buat nambahin performa si Vixion mupun New Vixion dengan biaya sesuai dengan kantong pelajar dan mahasiswa pokoknya, cek this out!!

1. Pake oli yg sertifikasi JASO MA 2, setelah memakai hamper seluruh varian oli mongstor, saya lebih prefer ke Motul dan pertamina enduro racing, bahkan katanya pakai Oli diesel buat mobil lebih yahud ?

2. Bbm pertamax plus full (irit kok, asal gak ngalay, kalau di bawa ga ngalay bisa tembus 1:30-45an lah)

3. Coba pake oli coller punya satria, modif dikit, tapi lumayan ngedinginin oli (sekitar Rp 510.000. dan mbah volume oli 300-500 cc kayaknya

4. Jangan taroh nomor plat di bawah headlampnya, nutupin aliran anginya bro, mending diatas kepakanya aja walay pesona kemolekan vixion akan hilang, kayak lagi pake koyo dikepala hahaha, atau bisa taruh plat di bawah radiator malah gpp.. tp kalau dimodif bentuknya kayak tempat plat Honda CB150SF oke aja untuk radiator..

5. Air Coolant pakai punya Pertamina, ganti tiap 10ribu-15 ribu km sekali

6. Pake oli yg lebih encer. Tapi jangan terlalu encer, saran sih kalau bisa pakai yang oli full sintetis (oli encer membantu melepas panas, tapi jangan terlalu encer)

7. Ganti busi brooo, Umur busi relatif 6.000-7.000KM. Lebih dari itu, performa busi ambyar. Ruang bakar suka ngedrop, efeknya bbm menjadi boros, sebab campuran gas jadi tak terbakar dengan sempurna, tenaga mesin pun loyo dan lesu.

8. Begitu pula bila motor telah menggunakan peranti injektor sebagai sarana pengabutan bahan bakar yang disemprotkan ke ruang bakar. Atur atau setel ulang pompa bahan bakar, bersihkan peranti itu. Semakin lancar semprotan bahan bakar maka semakin irit pula konsumsi bahan bakar, saran sihh sering aja setiap 5000 KM servis injeksi bair makin jozz walau pake premium ga masalahhh...tapi usahakan pertamax biar ga kotor injeksinya...


Oke sedikit aja informasi buat masbro semua, semoga berguna khususnya bagi rider vixion!!


Wassalamualaikum Warahmatullah

-------------

Written By : Muhammad Faisal Aulia


Contact: faisaulia@gmail.com

12 comments:

  1. Hoo plat nomer di jidat berarti udah dipikirin sama insinyurnya ga

    ReplyDelete
  2. Haha klo plat dijidad disangka koyo mas :v

    ReplyDelete
  3. wah piksi ane belum ganti busi sampe umur 30 ribu km

    ReplyDelete
  4. Bener mas bro...vixio cepet bnget panas suhu mesinnya. Solusi nya mantap bro. . Semakin tinggi kompresi maka semakin besar konsumsi bbm semakin besar hasil pembakarannya dan otomatis senakin hot mesinnya. Mkannya pendinginannya musti di manjain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bro.. maklum juga mesin vixion bergantung dengan spek liquid cooled

      Delete
  5. Nah agan kok plat nomornya dibawa kepala sincan juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om, kalau di taro di kepala, lucu rasanya :D

      Delete
  6. Bro gw bru bli motor vixon movistar baru dua bulan..pertanyaan gw kok bru 2 bulan performa tarikan nya berat ya apa pnyebabnya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih standar kan om? coba di bawa ke dealer, atur CO nya

      Delete
  7. Nvl saya kok tarikannya kadang berat kadang ringan ya bro . Itu knp ya ?

    ReplyDelete
  8. Vixion old ku mentok di 100kpj, bisa2 dikentutin sama matik 125 cc ini mah

    ReplyDelete