Wednesday, August 13, 2014

FIRST IMPRESSIONS!!! YAMAHA YZF R25



lelakijelata.blogspot.com - Assalamualaikum Warahmatullah, masleds dan masbrooo piye kabare?? Mudahan2 sehat2 selalu dan diberi kemurahan rezeki sama Allah. Okee kali ini gue pengen sharing dengan sebuah keberadaan motor baru di kelas 250 CC keluaran Yamaha. Sebenernya gue agak ndeso ngasih berita ini, alias udah banyak yang tahulah orang tentang keberadaan motor ini, maklum karena padetnya jadwal gue jadi kegiatan menulis jadi males wkwk dasar pemalas. Yaspp lanjutttt... Yamaha Indonesia untuk pertama kalinya meluncurkan motor 250 CC, jadi kehebohan tak terelakan bagi seluruh Biker di Tanah air dan diluar Negeri. Sebelum dijual massal pada saat ini, Yamaha R25 sebelumnya sudah menampilkan dirinya tapi hanya sebatas Prototype, yaitu Design Rancangan Awal, dan tentu seperti biasanya berbeda dengan versi produksi massalnya. Berikut penampakan versi prototype Yamaha R25.

Yamaha YZF R25 Design Awal (Prototype)

Sebelum mulai dipasarkan July 2014 di Indonesia, YZF R25 yang dipanggil si Baby M1 ini terkena spyshoot dimana2, maklumlah produk baru jadinya diburu oleh Paparazi. yapss percobaan dilakukan yang akhirnya terkena kamera Paparazi tersebut mungkin untuk bagian dari R&D (Research and Development). Ya syukurlah, mudah2an R&D yang dilakukan oleh pihak YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) bisa memuaskan konsumen tanah air. Well lanjutttt untuk yang versi mass produksi yang dipakai atau dipasarkan di Indonesia hasilnya seperti ini

Yamaha R25 yang dirakit. Btw jangan liat orangnya ya wkwk :v


Awal-awal sebelum R25 muncul sebelum versi massal, yaitu yang versi Prototype, gue ngeliat pict diatas ini, sangat powerfull untuk kelas 250 CC , Liat dari desain awal R25 sangat menggairahkan dan sangat racy habis, berasa mau balapan beneran. Yaa sudah maklumlah kalau Yamaha emang design motornya sangat Racy, Body runcing khas anak muda banget, bahkan dikabarkan Fardua 'ain (Wajib) hukumnya kalau Yamaha harus mengeluarkan Motor Sport tulen yang keren hasil rancangan sendiri dan Haram melakukan peniruan dengan design lain. Oke kembali lagi, dan secara Prototype dan produksi massal yaa gak jauh beda, bedanya di Headlamp (Lampu Depan) dan bebrapa body kit yang yang beberapa diubah, mungkiiin buat kenyamanan konsumen kali yaa hmmmm, padahal versi yang Prototype kerezz abizzzz!! hehe *maunyaa.

Saat ini, 250 CC emang dikatakan hanya orang tertentu yang memakainya, yaa kaum menengah keatas menjadi sasaran marketing dari si 250 CC ini. Disinilah Yamaha menembak harga YZF R25 senilai Rp53 Juta. Yapsss harga tersebut sangat bersinggungan dengan Rivalnya yang bermesin 2 silinder juga yaitu Kawasaki Ninja 250 fi. Wow harga fantantis bagi gue sebagai rakyat jelata tentunya hehe :p  

Nahh sekarang bagimana dengan spesikafikasi value dari si R25 ini?, nah menurut sumber yang gue dapet,  Yamaha R25 murni pure sport dibekali mesin bertipe DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan ruang maksimal 249 cc Liquid cooled 4 stroke dan 2 silinder, bukan hanya itu, Camshaft dengan 8 katup dengan ruang bakar kompresi tinggi, saluran intake tipe down draft, independen injector 12 lubang, berpendingin cairan, DiASil Cylinder dan Forged piston Yamaha. Dengan spesifikasi Yamaha R25 tersebut  menghasilkan tenaga maksimal sebanyak 26.5 kW atau 36 PS, torsi maksimal yang dapat dihasilkan 22,6 Nm pada 10.000 RPM. Yaa walau adanya isu sunat power, tapi untuk saat ini  membuat Yamaha R25 masih powerfull untuk kelas 250 CC, dan tentunya makanan si R25 adalah Pertamax, ga boleh premium, masa makanan motor 53 Juta dikasiiih premium, mending beli matic wkwk :p

Oke langsung aja deh, First Impression?? Yaaa untuk pertama kalinya gue liat si R25 ini di PRJ 2014 kemarin dan beberapa dealer yang gue kunjungin. Nah impresinya??? Ajibbbbb garang abiss massbroo!!, lekukannya yang runcing dan kepala khas Hiu menjadikan senjata sangarnya R25. Well tidak ada gading yang tak retak, tentu dibalik itu ada kelemahan R25 yaitu sebagian orang menganggap bawahnya R25 agak kopong alias kurang berisi, tapi gue kalau ngeliat  dalemnya secara detil berisi banget brooo hehe, Ya kelemahan R25 yang memiliki unsur kopong akan menjadi bahan BC (Black Campaign) sebagian orang. Ya gue sendiri mengakui memang agak kurang untuk design bawahnya, walau begitu tertutup oleh keruncingan dari Body juga begitu menawan. Well masbrooo yang gue sukai dari sisi Body keseluruhan R25 adalah, Matanya itu lhooo!!! Tajam habis, kayak Hiu (Shark), berikut penampakannya

Sangarkan orangnya!! ehh mongstornya!! :D


Yamaha RZF R25 terpotret di Dealer Yamaha Cibubur.


Yaaa untuk segi body, jujur gue akui sangat fresh dan “Hiu Look” kemudian buntut belakang yang sudah dibekali lampu LED yang runcing nan montok menjadi andalan banget bagi si R25 ini. Bukan hanya itu yang gue liat adalah striping Yamaha seperti biasa sangat apik dalam menstriping. Tapi secara keseluruhan gue lebih suka Warna Yamaha R25 yang berwarna Hitam karena garang bangettt sob!!. tapi warna lain gak kalah kerennya juga kok yaitu Biru karena Racy, dan Merah karena Soft Hardly, pokoe saat ini kalau pakai R25 serasa artis dijjalan karena belum mainstrem wkwk. Nah berikut diatas kelebihannya, kalau kelemahannya? Tadi diatas udah sedikit dijelaskan, ya pokoknya secara keseluruhan R25 belum dibekali Arm Banana dan Sasis Delta Box layak adiknya Yamaha YZF R15, dan juga bawahnya kurang berisi dan kurang berotot begitupula tangkinya kurang besar dibanding rivalnya Kawasaki Ninja 250 Fi,  tapi okelaahhh dari kelebihan dan kelemahan tersebut gue terima untuk designnya. Gak terlalu ngecewain, dan gue sendiri beri applause siapapun designer yang ngedesign ini motor. Maklumlah Designer Motor dan Mobil termasuk pekerjaan yang memakan Gaji paling banyak bro!!! Hehe Jadi harus totalitas dalam ngedesign!!.


Selfie dikit wkwk :D

Bagaimana untuk mesin? Ya impresi pertama gue ngeliatnya dari bentuk cukup berisi dan mesinnya hitam garang juga. Kalau power?? Hmm dari beberapa literatur yang gue dapet, mungkin bisa dikatakan Mesin R25 untuk saat ini, yaapss saat ini lebih powerfull dibanding Kawasaki Ninja Fi. Walau begitu dari segi Body lebih kekar Kawasaki Ninja Fi. Yaa mungkin tugas untuk Kawasaki saat ini adalah mesin harus ditambah powerfull dan Yamaha harus memperkekar sektor Body dan tangki. Yaa jadi kasih saran dan kritik harus adil yaaa hehe.

Bagaimana dengan penjualan? Saat ini, pada bulan Juli 2014, total penjualan Ninja 250R tercatat 1.724  unit, sedangkan di belakangnya menempel ketat R25 dengan perolehan 1.328 unit (kompas.com). Well.....Yaa sebagai pemain baru, Yamaha R25 cukup berhasil mengekor penjualan Kawasaki Ninja 250 Fi yang lebih duluan lahirnya. Dan tentunya ini menjadi saingan hangat dan bersejarah bagi kedua pabrikan ini. Bukan tidak mungkin sang R25 berhasil melampaui Kawasaki Ninja 250 Fi jika minat pasar berlabuih ke R25 yang mungkin dikarenakan aftersales Yamaha R25 memiliki dealer yang cukup banyak dibanding rivalnya yaitu sekitar 1.000 lokasi dealer "R-Shop" di seluruh Indonesia. Mantabbb tenaannn juozz!!

Okee deh, mungkin pihak pabrikan harus tetap memberikan yang terbaik kepada konsumen Indonesia yang tentunya udah melek pendidikan dan menjadi Smart Buyer. Oke Nicee!! Maju terus Motor Sport di Indonesia!!



Written By Muhammad Faisal Aulia

***
Berikut Video Perakitan Yamaha YZF R25



3 comments: