Thursday, October 1, 2015

JUST 3 POINTS MEMBUAT HP XIAOMI LAKU DI SERBU

Lelakijelata.blogspot.co.id – Assalamu'alaykum Warahmatullah, Siapa yang tidak kenal Xiaomi ? Ya, perangkat smartphone besutan negara tirai bambu ini telah mengaspal pendirian perusahaannya untuk pertama kalinya pada tahun 2010 yang berkantor pusat di Beijing. Perangkat milik Xiaomi dikenal sebagai barang yang memiliki banderol murah dibanding gadget lain. Yang perlu diingat adalah ini bukan murahan, karena spesifikasi yang di miliki sangat mumpuni. Bukan hanya itu, beberapa hal Xiaomi yang menjadikan laris manis? Yuk Cekidot...



1.Harga yang fenomenal
Bisa di bilang spesifikasi Xiaomi RP 2.000.000 setara HP brand ternama Rp 4.000.000 bahkan lebih. Mengingat karena HP “baru” belum lama, jadi musti jor-joran dalam dunia marketing. Bukan seperti merek china lain yang mudah rompal, spesifikasi Xiaomi sudah sangat di luar akal, bahkan menariknya ada salah satu ungkapan dari manajemen Xiaomi, “Anda mampu membuat spesifikasi tangguh dengan harga irit? Kami tantang anda!” Ini ucapan yang sangat menantang sekaligus menyindir HP Sekelas Apple dan Samsung. Bukan tidak mungkin statement ini membuat orang penasaran, dan ingin mencoba “sedikit” produk besutan negara tirai bambu ini dengan spesifikasi okta core dan quad core dan RAM menggila ala xiaomi ini.

2. Marketing ala Dumay
Ada yang sangat different dari teknik pemasaran Xiaomi kali ini, Berbeda dengan brand lain, Xiaomi adalah sebuah vendor smartphone yang merangkap sebagai situs jual beli layaknya Amazon.com atau ebay. Dan, seperti yang saya tahu, Xiaomi hanya menjual produknya via internet saja atau dumay (dunia maya). Yang saya alami dahulu adalah penjualan Xiaomi di Indonesia memakai sistem Open Sale, yang dimana pada saat itu di jual oleh Lazada. Lazada sendiri pun dengan tim nya mampu mensihir konsumen dengan analisis ulang penjelasan spesifikasi untuk nge-branding xiaomi untuk pemasaran Xiaomi di pages penjualannya.

Walhasil laris manis terhitung hanya 5-10 menit saja, pembeli membludak. Aneh? Yaa tentu aneh karena marketing Xiaomi dari strategi penjualan ala e-commerce lewat kerjasama dengan Lazada itulah yang menjadi alasan utama mengapa harga xiaomi bisa sangat murah meskipun disesaki dengan spesifikasi unggulan. Xiaomi tidak membutuhkan biaya yang banyak untuk sisi pemasaran, bahasa kasarnya cukup selebaran spesifikasi di Internet. Mereka mampu menjungkalkan lawan mainnya dengan sistem brosur. Oleh karena itu karena promosi mereka murni via sosial media, selain itu mereka memakai sistem talk-to-talk alias komunitas yang aktif, terbukti dari penjumpaan Xiaomi MI Fans yang intens, pembicaraan dari mulut ke mulut karena user Xiaomi yang puas akhirnya otomatis cerita. 

Saya sendiri mengetahui Xiaomi saat awal dari informasi teman saya. Ujung-ujungnya, harga HP Xiaomi bisa murah tanpa mengurangi kualitas yang di miliki. Secara tidak langsung, sistem ini membuat Kedigjayaan Samsung Punah begitu pula brand lain dengan sistem brosur, hal ini terbukti penjualan Xiaomi tahun 2013 dan 2014 melampaui penjualan Market Share Samsung di Negeri Tirai Bambu, bahkan HTC ikut ATM (Amati Tiru Modifikasi) sistem yang di lakukan Xiaomi ini, pabrikan baru yang yang menyihir pabrikan lain yang udah lama menjadi follower. amazing!. Meski belum sepenuhnya menyalip penjualan smartphone secara mendunia, namun secara parsial Xiaomi merek china akhirnya berhasil menjadi tuan di rumahnya sendiri dengan menjadi vendor dengan penjualan nomor satu di China. Well Done!

3. Hugo Barra, Who is him?

Nah ini paling mumet, siapa yang tidak kenal Hugo bara? Saya sendiri ga mengenal Cuma tau aja hehe, Hugo Bara adalah mantan Vice Presiden Android di balik kesuksesannya merancang android beserta seluk beluknya di google berpartner dengan Andi Rubin membesarkan Android. Hugo Barra mendapatkan posisi menjadi Wakil Presiden Internasional (Xiaomi Vice President of International). 

Hugo Barra sebelum pindah ke Xiaomi pada September 2013, dia menjabat sebagai Vice President di Android Google Product Management. Jika Bapaknya ekonomi adalah Adam Smith, maka tidak aneh jika Hugor Barra di sebut “bapaknya” Android. Namun keputusan Hugo Barra yang sangat aneh, bahkan sempat di hina dan di kecam, Hugo Barra yakin meninggalkan android google yang telah membesarkan namanya dan beralih ke Pabrikan Smartphone Xiaomi yang dimana brand xiaomi masih baru. 

Akibatnya? Brand Xiaomi melejitkan namanya menjadi lebih terkenal dan sontak dunia dan ahli teknologi pun kaget dengan keberpindahannya Hugo Barra di Xiaomi. Ketertarikan terhadap apa dan kenapa Xiaomi dan relevansi Hugo Barra semakin menguat. Selama Hugo Barra di Xiaomi mencatatkan rekor penjualan xiaomi pada tahun 2013 kemarin dengan pembuktian dari angka penjualan yang meningkat lebih dari 100% dari tahun sebelumnya. Yap perusahaan yang dibawah “ketek” Hugo Barra ini secara kualitas dan kuantitas bisa dikatakan sukses di tahun 2013 dan 2014. Bagaimana di tahun berikutnya? Hugo can give us anymore expectation? We‘ll see you Hugo Barra...


Intermezzo : Hugo Mirip Ayah saya beneran deh hehe :v

Thanks for reading and sharing, semoga bermanfaat

Wassalamualaykum Warahmatullah

-----------------

Written By : Muhammad Faisal Aulia
Contact : faisaulia@gmail.com

2 comments: