Saturday, June 28, 2014

MENULIS DI BLOG GAMPANG? OMONG KOSONG!

Lelakijelata.blogspot.co.id - Assalamualaikum Warahmatullah, Wahhh, piyeee nih sudah lama saya vakum dari dunia blogger, ternyata blog piaraan saya penuh dengan sarang laba-laba, penuh penyakit flu burung (burung siapa nih??), weleh2 berdebu banget. Saat membukanya, saya membuka dengan basmallah sambil alfatihah, takutnya ini blog ada penunggunya!! dan saya langsung mandiin blog biar bersih lagi, blognya rewel ga mau dimandiin. Setelah saya bedakin ni blog, alhamdulillah akhirnya bersih lagi, ganteng nyaris kayak saya, maksudnya kayak kakek saya. Maaf ya blog, saya telah meninggalkan diri mu yang cukup lama, Maafin papa ya nak, come to papa :D

Itulah sedikit perasaan dan sikap saya setelah melihat blog saya yang sedikit ga keurus. Bukan tanpa alasan, banyak hal yang menyebabkan seseorang meninggalkan dunia blogger atau berhenti menulis, mungkin karena menurut saya ada beberapa hal, yaitu:

1. Males
Ini diaaaaa penyakit orang Indonesia sebelum merdeka (setelah merdeka juga sama aja sih) , yaapsss tepat sekali ini penyakit yang secara turun temurun menurut buku sejarah yang katanya diwariskan oleh Pithecantropus Erectus, secara dia aja jalan bungkuk, berdiri aja males!!. Yapss, males sering menjadi momok tersendiri bagi seseorang, pada dasarnya malas adalah kebiasaan orang yang ga pernah dilatih untuk rajin, rajin merupakan satu kata penangkal males, lagi pula ga ada satupun berita "HOT NEWS : Ditemukan siswa tewas dikamar karena rajin belajar!!", jadi rajin mulailah dari diri kita sendiri, jangan pernah malas untuk belajar. Walaupun begitu, masing2 orang memiliki pandangan tentang penyakit satu ini, yang jelas penyakit ini cukup berjasa membuat orang ingin tidur dari insom. Omong kosong kalo males itu alasan untuk tidak menulis!!

2. Kagak ada bahan
Yaps, harus diakui jika tulisan ingin dibuat menarik maka penulis wajib mencari bahan agar seseorang tertarik membaca blog kita. Jujur aja semenjak saya bikin blog, saya sama sekali ga punya bahan buat nulis, tapi kalau diliat dari tulisan gue dulu ternyata saya bisa aja menulis sebuah cerita tanpa harus ada bahan. Jadi latah ajaa haha!! Omong kosong kalo kaga ada bahan itu alasan untuk tidak menulis!!

3. Kagak ada waktu (sibuk)
Haha ini penyakit saya dalam menulis, tapi kok piyee too, Allah menciptakan waktu 24 Jam masa ga ada waktu??, yaps ga bisa dipungkiri bahwa dizaman modern seperti ini, waktu terasa cepat. Ternyata semakin cepatnya perkembangan tekhnologi membuat orang merasa waktu semakin cepat, lalu berkeluh kesah, “Ini waktu kok cepet amat ya!!” , si Waktu pun akhirnya menjawab, “Ehh gue bergerak seperti biasa keles, lo nya aja yang ga pernah meluangkan waktu!!” , Dari kata Waktu tersebut dapet deh benang merahnya yaitu “Meluangkan waktu”. Sesibuk apapun kita diluar sana, kalau ga prnah meluangkan waktu minimal stgh jam untuk menulis, ya kita ga bakal pernah bisa menulis ataupun melakukan kegiatan lain. Bedakan antara “meluangkan waktu” dengan “waktu luang”, Waktu luang mah banyak tapi kitanya gak pernah meluangkan waktu. So, Omong kosong kalo kaga ada waktu itu alasan untuk tidak menulis!!
4. Merasa tidak berbakat menulis
Yailahh, lo pikir saya berbakat untuk menulis? Ini aja saya nulis ngasal, yang penting enak dibaca (padahal sndirinya ga enak dibaca ngoahaha). Kalau untuk masalah ini, jangan pernah kita merasa “gue ga berbakat”, “tulisan gue amburadul”. Bill Gates seorang penemu Microsoft mengatakan bahwa dia gak berbakat bereksperimen disekolah, so well akhirnya dia di Drop Out (keluar) beneran dari tmpat sekolahnya, tapi dia menggeluti belajar terus menerus dengan eksperimen dia. Dan Nice!!, Bill Gates menjadi orang terkaya No, 1 didunia dalam 10 tahun kurun waktu terakhir. Well, lakukanlah walau diri kita tidak ada bakat, bakat akan alami muncul dengan latihan. So, Omong kosong kalo merasa tidak berbakat itu alasan untuk tidak menulis!!

5. Bingung mengolah kalimat
Dalam ilmu bahasa Indonesia, untuk mengolah kalimat menjadi sebuah paragraf yang baik, kita harus mengetahui ada yang namanya kalimat deduktif maupun induktif. Jadi pertama kita musti mengolah kalimat dari persepsi mana yang kita ambil, deduktifkah atau induktif? Sebelumnya gue jelasin dikit, kalau deduktif dimana kalimat pokok kita ditempatkan pada awal paragraf dan rinciannya terakhir contohnya “Jenis buah adalah jeruk, apel, mangga”, sedangkan induktif menempatkan kesimpulan apa yang kita omongin adalah diakhir paragraf tapi rinciannya di awal paragraf. contohnya “Jeruk, apel dan mangga adalah jenis buah”. Paham brooo??? (saya aja ga paham hehe). Yaps jika diliat dari artikel ini, menurut kita, posisi kalimat artikel saya kearah mana? Induktif apa deduktif? Ya benarrr jawabannya adalah “Deduktif” . Jadi saya cuma membuat pola kalimat dan tinggal buat kerangkanya deh, dan siap menulis hehe. Jadi Ga usah bingung mengolah kalimat. So, Omong kosong kalo kita bingung mengolah kalimat itu alasan untuk tidak menulis!!

---------


Yaaa, ini sedikit yang bisa motivitamin buat kita yang ogah menulis, pada dasarnya tulisan saya ini buat negur saya sendiri kok, terkait saya vakum karena sibuk dengan urusan negara (jadi tukang cuci peci SBY). So, Tidak ada alasan untuk kita tidak menulis





Wassalamualaikum Warahmatullah

--------------------

Written By : Muhammad Faisal Aulia
Contact : faisaulia@gmail.com

2 comments:

  1. Salam kenal!! hehehe

    gw dulu di blogspot juga bro, tapi komentator pada japri protes, susah n ribet katanya mau komen di blog sampeyan...

    Atas nama interaksi dengan pengunjung blog, ya sudah, ay pindah ke WP... ya alhamdulillah interaksinya sangat baik dengan komentator dan pengunjung blog...

    Kalau gw bahan banyak, waktu bisa dibilang gada, 24 jam itu kan bukan berarti kita kudu awake 24 jam beneran, lah tidur aja sudah 6-8 jam, kerja (kalau kerja kantoran) 9 jam, sampe rumah kadang maen ma anak (kalau sudah berkeluarga), anak bawel minta perhatian masa kita cuekkin hehe...

    Ya di sela-sela waktu yang ada dimanfaatin, kadang ampe begadang. Kadang udah kecapean... ya seharian beraktifitas namanya juga... weekend? Nah ini, kalau jomblis gampang, kencannya ya sama gadget :D

    ReplyDelete
  2. Haha iya salam kenal mas kobay, ane punya WP dan Blog, tapi ga keurus wkwk, tapi pengen aktif lagii dan dirombak lagi hehe nuhun udah mampir mas :D

    ReplyDelete