Lelakijelata.blogspot.co.id – Assalamualaikum Warahamtullah, well masbro semua, siapa yang enggak kenal Total ?? Iyaps Total
adalah salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia, yang beroperasi di lebih
dari 130 negara. Grup Total juga merupakan pemain utama dalam industri kimia. Menurut
website Total sendiri, bahwa Suplai dan Pemasaran hadir di pasar Asia Pasifik
dengan berbagai macam produk dan layanan termasuk jaringan ritel, produk
pelumas, Liquefied Petroleum Gas (LPG), likuid spesial, bahan bakar
pesawat terbang , aspal dan bahan bakar transportasi. Total beroperasi di lebih
dari 20 negara dengan lebih dari 3.500 karyawan di 53 afiliasi. Luar biasa...!!
SPBU Total dengan Harga per tanggal 04 Mei 2015
Nah dari paparan cerita
di atas dan rasa kengintahuan yang kuat, kebetulan setiap hari karena nyaris perjalanan
ke tempat kerjaan kadang melewati Pom Bensin Total, jadinya rasa penasaran semakin
jadi menjadi untuk mencicipi Bensin Made of Total ini. Nah kali ini saya ngereview nya memakai batasan skala Pelayanan SPBU dan Fasilitas SPBU dalam
rangka Point 0 of 10. Dalam hal ini kerangka review di buat dalam batasan
subjektif, artinya kesan pertama ketika mencicipi Pom bensin Total. Studi Kasus
review di lakukan di SPBU Total Cipayung. Oke ga usah lama-lama, langsung aja
kita liaaatttt... Cekidottt...
1.Pelayanan
Hmm... Ntah apa emang saya ngerasa begini atau gimana, yang jelas engga banget buat pelayanan SPBU
Total nyaris sama dengan Pertamina, ngga ada senyum senyumnya dari pegawai SPBU
nya. Beda jauh dengan Shell yang pernah saya cerita di artikel saya sebelumnya
(klik disini).
Dan satu hal lagi yang
membuat perbedaan SPBU Total yang signifikan dari Shell adalah tidak ada rasa
kemauan kuat untuk menarik pengunjung. Kalau di Shell ada yang namanya kartu
Shell Smart Club dengan berbagai hadiah menarik, namun pada saat saya tanya ke pegawai
SPBU Total nya
“Mas, ada ga kartu
member dari Total?”
“Hmm.. ga ada mas..”
“Lho ga ada ya mas?...kalau
di Shell ada kartu gtu mas...”
“Oh disini ga ada mas..”
Hal yang kalau saya boleh bilang, dari teknik marketing pun saya nilai SPBU pun loyo untuk mencari
minat konsumen Indonesia, beda dengan Shell yang cukup ngotot dengan beberapa
fitur pelayanan yang di berikannya kepada konsumen Indonesia. Dan satu lagi..!!
Jawaban dari pegawai SPBU Total sebut saja namanya “Bunga” diatas bener bener
sekedarnya aja, ga ada nilai jual apa keg marketing yang di tawarkan SPBU ke
konsumen. Hadeeeh niat jualan ga si mas -_-
Intinya sih Point yang saya ambil dari kesan pertama saya terhadap SPBU Total adalah Datar..!!
Tapi mungkin mas mas
nya lelah, dan mungkin saja pelayanan akan beda di tempat lain.
Point of Service SPBU
Total 4 of 10 Points
Kondisi SPBU Total Cipayung
2.
Fasilitas
Beberapa hal yang seksama yang saya liat, beberapa fasilitas dari Total cukup baik di bandingkan
Shell,tapi agak hampir sama lah dengan Pertamina.
Layaknya fasilitas yang ada di Pertamina, di Total pun juga ada minimarket,
yaps biasanya di Total di namakan mini market tersebut dengan nama Bonjour.
Tempat Bonjor sendiri menyediakan berbagai makanan dan minuman. Tokonya relatif
kecil, tapi tersedia meja kursi untuk istirahat sambil menikmati kopi panas dan
makanan di dalam minimarket, kemudian terdapat tempat pengisian udara dan air
bagi konsumen.
Toilet dan Mushola juga
tersedia di dalam area SPBU, sehingga memudahkan pengguna bagi yang ingin
sholat atau buang air kecil.Walaupun belum sempet nyicipin, tetapi untuk masalah kebersihan, hal ini terlihat jelas dari wilayah SPBU Total
Cipayung tidak termonitori oleh mata saya yang begitu peka terdapat sampah. Lah apaan
peka sama sampah? Jiahaha...
Beberapa fasilitas di SPBU Total
Point of Facility SPBU
Total 8 of 10 Points
Well mungkin beberapa hal
yang saya rasa, tapi pada dasarnya sih inti dari ke pom bensin adalah isi
bensin, tetapi jangan salah, pelayanan dan fasilitas itu penting untuk minimal
sekedar menarik konsumen baru seperti saya ini. Costumer Is Everything...
Semoga bermanfaat,
Wassalamualaikum Warahmatullah
-----------
Written
By : Muhammad Faisal Aulia
Contact
: faisaulia@gmail.com
No comments:
Post a Comment