Friday, May 8, 2015

KESAN PERTAMA BERKUNJUNG KE SPBU TOTAL

Lelakijelata.blogspot.co.id – Assalamualaikum Warahamtullah, well masbro semua,  siapa yang enggak kenal Total ?? Iyaps Total adalah salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia, yang beroperasi di lebih dari 130 negara. Grup Total juga merupakan pemain utama dalam industri kimia. Menurut website Total sendiri, bahwa Suplai dan Pemasaran hadir di pasar Asia Pasifik dengan berbagai macam produk dan layanan termasuk jaringan ritel, produk pelumas, Liquefied Petroleum Gas (LPG),  likuid spesial, bahan bakar pesawat terbang , aspal dan bahan bakar transportasi. Total beroperasi di lebih dari 20 negara dengan lebih dari 3.500 karyawan di 53 afiliasi. Luar biasa...!!

SPBU Total dengan Harga per tanggal 04 Mei 2015

Nah dari paparan cerita di atas dan rasa kengintahuan yang kuat, kebetulan setiap hari karena nyaris perjalanan ke tempat kerjaan kadang melewati Pom Bensin Total, jadinya rasa penasaran semakin jadi menjadi untuk mencicipi Bensin Made of Total ini. Nah kali ini saya ngereview nya memakai batasan skala Pelayanan SPBU dan Fasilitas SPBU dalam rangka Point 0 of 10. Dalam hal ini kerangka review di buat dalam batasan subjektif, artinya kesan pertama ketika mencicipi Pom bensin Total. Studi Kasus review di lakukan di SPBU Total Cipayung. Oke ga usah lama-lama, langsung aja kita liaaatttt... Cekidottt...

1.Pelayanan

Hmm... Ntah apa emang saya ngerasa begini atau gimana, yang jelas engga banget buat pelayanan SPBU Total nyaris sama dengan Pertamina, ngga ada senyum senyumnya dari pegawai SPBU nya. Beda jauh dengan Shell yang pernah saya cerita di artikel saya sebelumnya (klik disini).

Dan satu hal lagi yang membuat perbedaan SPBU Total yang  signifikan dari Shell adalah tidak ada rasa kemauan kuat untuk menarik pengunjung. Kalau di Shell ada yang namanya kartu Shell Smart Club dengan berbagai hadiah menarik, namun pada saat saya tanya ke pegawai SPBU Total nya

“Mas, ada ga kartu member dari Total?”

“Hmm.. ga ada mas..”

“Lho ga ada ya mas?...kalau di Shell ada kartu gtu mas...”

“Oh disini ga ada mas..”

Hal yang kalau saya boleh bilang, dari teknik marketing pun saya nilai SPBU pun loyo untuk mencari minat konsumen Indonesia, beda dengan Shell yang cukup ngotot dengan beberapa fitur pelayanan yang di berikannya kepada konsumen Indonesia. Dan satu lagi..!! Jawaban dari pegawai SPBU Total sebut saja namanya “Bunga” diatas bener bener sekedarnya aja, ga ada nilai jual apa keg marketing yang di tawarkan SPBU ke konsumen. Hadeeeh niat jualan ga si mas -_-

Intinya sih Point yang saya ambil dari kesan pertama saya terhadap SPBU Total adalah Datar..!!

Tapi mungkin mas mas nya lelah, dan mungkin saja pelayanan akan beda di tempat lain.

Point of Service SPBU Total 4 of 10 Points

Kondisi SPBU Total Cipayung

2. Fasilitas

Beberapa hal yang seksama yang saya liat, beberapa fasilitas dari Total cukup baik di bandingkan Shell,tapi agak hampir sama lah dengan Pertamina. Layaknya fasilitas yang ada di Pertamina, di Total pun juga ada minimarket, yaps biasanya di Total di namakan mini market tersebut dengan nama Bonjour. Tempat Bonjor sendiri menyediakan berbagai makanan dan minuman. Tokonya relatif kecil, tapi tersedia meja kursi untuk istirahat sambil menikmati kopi panas dan makanan di dalam minimarket, kemudian terdapat tempat pengisian udara dan air bagi konsumen.

Toilet dan Mushola juga tersedia di dalam area SPBU, sehingga memudahkan pengguna bagi yang ingin sholat atau buang air kecil.Walaupun belum sempet nyicipin, tetapi untuk masalah kebersihan, hal ini terlihat jelas dari wilayah SPBU Total Cipayung tidak termonitori oleh mata saya yang begitu peka terdapat sampah. Lah apaan peka sama sampah? Jiahaha...

Beberapa fasilitas di SPBU Total

Point of Facility SPBU Total 8 of 10 Points

Well mungkin beberapa hal yang saya rasa, tapi pada dasarnya sih inti dari ke pom bensin adalah isi bensin, tetapi jangan salah, pelayanan dan fasilitas itu penting untuk minimal sekedar menarik konsumen baru seperti saya ini. Costumer Is Everything...

Semoga bermanfaat, Wassalamualaikum Warahmatullah

-----------

Written By : Muhammad Faisal Aulia
Contact : faisaulia@gmail.com



No comments:

Post a Comment