Sunday, November 9, 2014

STUDI KRITIS PERHITUNGAN KENAIKAN BBM DAN DAMPAKNYA TERHADAP JOMBLIS (JOMBLO NGEMIS)

Lelakijelata.blogspot.co.id - Assalamualaikum Warahmatullah, well kali ini pengen share hasil investigasi gue dengan metode curhat, ente liat kan judul artikel kali ini kayak skripsi aja hehehe panjang lebar namun ntahlah ngerti apa kaga. Yappsss sekarang lagi marak isu tentang BBM akan naik dalam waktu dekat ini, seperti yang dilangsir dalam berita berikut ini :

DumaiHeadlines.com | Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memastikan bahwa harga bahan bakar minyak (BBM) akan naik pada bulan ini.

“Ya pokoknya bulan ini lah,” katanya di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, kemarin (3/11).
Kendati demikian, dia tak menjelaskan kapan pastinya harga BBM itu akan naik.

 Sebab, kenaikan harga BBM menunggu penyebaran Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) tersebar ke seluruh warga yang berhak.

“(Kenaikan BBM menunggu) Penyebaran kartu itu tersebar,” tutur Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini.

Dia pun membantah tiga kartu sakti tersebut sebagai kompensasi dari kenaikaan harga BBM. “Bukan kompensasi, hasil dari kenaikan itu dialihkan, bukan kompensasinya. Sekarang mestinya subsidi itu kita berikan ke yang punya mobil, itu kini kita ambil. Kita alihkan ke rakyat yang tidak mampu,” jelasnya.

JK menerangkan, kenaikan harga BBM mengalihkan subsidi dari konsumtif ke produktif.
“Salah satu pengalihannya ke kesejahteraan sosial masyarakat. Ini juga kartu sehat itu sumber dananya, kita mengalihkan subsidi itu. Mengalihkan subsidi itu kan efeknya kenaikan harga, tapi kita mengalihkan subsidi,” pungkas dia.


Lebih jauh, masbro bisa dapat ide mengkritisi harga BBM naik dalam artikel Pak Kwik Kian Gie, sangat aktif menulis di berbagai media massa, memberikan paparan dalam berbagai seminar dan talk shows di televisi. berikut ini linknya :




Jelas sudah bahwa kenaikan BBM merupakan takdir muallaq yang mau mubram, yaps kenaikan BBM menuju kenyataan. BBM akan membuat Inflasi (harga barang) jadi naik signifikan. Untuk menganilisis dampaknya berapa persen, saya pakai rumus indeks harga aja deh biar simple.

Rumusnya seperti ini: Ht-Ho/Ho X 100%

Jika harga BBM sebelumnya adalah Rp 6.600,- dan ketika katakanlah naik menjadi Rp 9.500, maka persentase kenaikannnya sebagai berikut:

Rp 9.500 – Rp 6.500 = Rp 3.000 / Rp 6.500 X 100% = 46 %

Kenaikan BBM mengalami peningkatan signifikan sekitar 46% yaitu inflasi kategori berat!!

Menurut Ekonomi Makro, tingkat Inflasi di bagi 4 :

0% - 10% : Inflasi Ringan
10% - 30% : Inflasi Sedang
30% - 100% : Inflasi Berat
>100% : Hyper Inflation

Dan kenaikan BBM memenuhi kategori Inflasi Berat karena tingkatan inflasi kita sebesar 46 %!! , Secara umum Rata-rata inflasi negara kita pertahun adalah 7%, hal tersebut masih tergolong inflasi ringan , namun dengan rumus perbandingan, coba kita uji bersama sebagai berikut:

Harga BBM : Rumus Perbandingan

Rp 6.500 – 7%
Rp 9.500 - ?

Rp 9500 X 7 / Rp 6.500 = 10,23%

Kenaikan sebelumnya menghasilkan sekitar 3,23% yang kita lihat menghasilkan 10,23% yaitu negara kita akan memasuki tahap rata-rata Inflasi kategori “Sedang“ pertahunnya.

Sekarang analisis penerapannya, jika kita naik angkot dengan jarak 7 KM sebesar Rp 4000 dengan tingkat Inflasi dengan rumus indeks harga Inflasi sampai 46%, maka dengan harga kita naik angkot akan naik adalah sebagai berikut

46/100 x Rp 4.000 = Rp 1.840  , jadi yang dulunya kita bayar angkot sebesar Rp 4.000, harga naik angkot menjadi naik sebesar Rp 1.840,- , jadi totalnya adalah sebesar Rp 4.000+Rp 1.840 = Rp 5.840 , namun karena tukang angkot malas ngembaliin recehan jadinya dibulatkan keatas sekitar Rp 6.000, jadi kenaikan BBM mampu menambah Rp 2.000 ketika kita bayar naik angkot. Asumsinya adalah kenaikan Inflasi sebesar 46% dengan perataan 10,23% inflasi pertahunnya menghasilkan Rp 2.000 kenaikan harga barang selain BBM disetiap lini, namun asumsinya biasanya dijadikan patokan dasar aja, jadinya kenaikan ini terus bertumbuh sampai mengalami The Deminishing Of Return, tingkat kenaikan tertinggi harga seluruh barang dari BBM masih bertumbuh sampai di titik maksimalnya. Wallahu a’lam.

oke menurut hemat peneliti dari pejabaran diatas, kenaikan BBM secara lagsung menimbulkan beberapa kegoncangan bagi para jomblo. Sebenarnya kenaikan harga BBM itu ga masalah, yang masalah adalah dampak tematis dominonya kesemua lini yang membuat harga barang lain jadi naik, khususnya barang yang berkaitan dengan barang komplementer (pelengkap), yaps sesuai dalam Hukum permintaan tehadap barang komplementer, misalkan antara BBM dengan motor, otomatis harga penjualan motor akan ikut naik dan permintaan terhadap penjualan motor akan menurun.



Nah itu dampak umumnya terhadap kenaikan harga BBM, dan sekarang mau tau dampaknya terhadap jomblowan dan jomblowati?? Cekidot!!

Pertama, kegoncangan dompet,

Ini dampak pertama, dompet jomblo kayak saya ga jauh-jauh dari kapiten pattimura, beliau seorang tokoh Maluku yang gagah berani melawan penjajah. Tapi sayasaya cuma berani bawa kapiten pattimura ke kotak amal masjid. Inilah hakikat jomblo yang sesungguhnya kalau mau beramal yaaa ke rumah Allah dan kaum dhuafa, walau sedkit, namun kapiten Pattimura amat berjasa bagi saya terutama akhir bulan!! Sakitnya tuh disiniiii!! #nunjuk dompet

Kedua Kegoncangan Jiwa,

Sebagai jomblo sejati, hati para jomblo tentu sangat rapuh mengahadapai cobaan BBM ini, kenapa? Karena BBM secara ga langsung menunda jiwa laki-laki yang ingin nikah, karena harga pakan jadi mahal, semuanyaa serba mahalll apalagi organ tunggal begitu sangat mahal !! Buat bayar penyanyi dangdut saweran juga mahallll, buat bayar orang penunggu janur kuning aja mahall, Dan akhirnya rumah sakit jiwa pun bertambah pasukannya!! Sakitnya tuh disiniiii!! #nunjuk jiwa (jiwa emangnya dimana?)

Ketiga, Kegoncangan Fisik

Karena dompet menipis tentunya jadi jarang makan, apalagi jarang minum Kuku Bima Ener-G dan Proman, membuat tubuh ini kering dan loyo untuk diajak main :v , otomatis dampak terbaiknya adalah Sunnah Rasul seperti puasa meningkat signifikan!! Sakitnya tuh disiniiii #susah bangun sahur bagi yang belum biasa!!.  Sebaiknya Jokowi mempertimbangkan nasib jomblo, bukannya apa hal ini berdampak ke akhirat, tanpa jomblo, Puasa jadi ga larisss!! #you know i mean




Panik BBM naik??? Wesss santai masbro, ga usah pusing-pusing mikir ituuu, iniii saya kasih tipss Solusi untuk menimalisir dampak dari kenaikan harga BBM sebagai berikuttttt!!!!


Oke deh mungkin segitu aja kali ya pejabaran sedikit studi keriting ehh studi kritis atas kenaikan BBM dan dampaknya buat jombliss (jomblo ngemis)

Thankss up!! Semoga bermanfaat!!

Wasssalamualaikum Warahmatullah

-----------------------

Written By : Muhammad Faisal Aulia

Contact : faisaulia@gmail.com


6 comments:

  1. Ajib banget ya perhitungannya...

    ReplyDelete
  2. Etdah yak pake itungan makro juga , adeuh serem masbroo , tapi keren , ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha makasih ka nurul dah visit hehe smoga makin ga paham ya wkwk

      Delete