Sunday, October 5, 2014

DIBALIK GURITA PARKIR ALFAMART DAN INDOMARET

Lelakijelata.blogspot.co.id - Assalamualaikum Warahmatullah, kali ini pengen share pengalaman hasil investigasi dengan metode curhat, share kali ini sebenarnya udah menjadi rahasia umum alias sesuatu yang suka dibicarakan didalam hati namun susah diungkapkan ke orang. Iyapss kali ini pengen ngeshare tentang bicara parkir. Hmm parkir? Iyapss parkir merupakan tempat untuk menaruh kendaraan dalam tempat aman. Ngomong2 masalah kendaraan dan mengamati keadaan roda dua yang prduksi yang sangat banyak membuat “oknum” memanfaatkan keadaan ini dengan cara membuat parkir liar yaitu parkir dengan bayaran tinggi. Dan hal tersebut sudah menggurita hampir diseluruh Toko Swalayan.

Sudah hal yang sangat lumrah di temapt parkir apalagi di Jakarta, setiap tempat parkir tersebut memberikan tarif untuk setiap motor atau mobilyang diparkirkan. Mengapa sih musti ada Tarif parkir?? Ada beberapa alasan untuk setiap usaha sekelompok orang menarifkan harga parkir, yaitu:

1.Jasa seseorang atau sekelompok orang yang menjaga kendaraan tersebut.
2.Tempat parkir mendapatkan hal berupa pajak yang dimana pajak terebut dinamakan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan)
3. Fasilitas yang diberikan, seperti adanya penutup (atap) agar kendaraan tidak kehujanan,tidak kena panas, dll.

Yapss itu beberapa hal yang menkondisikan kenapa parkir kendaraan itu musti bayar, namun kali ini saya pengen ngefokusin suatu tempat yag sebenarnya secara “hakiki” tempat tersebut gratis untuk parkir tetapi menjadi lahan yang amat subur bagi sekolompok oknum yang katanya pengen mencari nafkah dan sekedar mengisi waktu luang. Hal ini wajar karena melonjaknya jumlah penduduk dan semakin sempitnya lapangan pekerjaan membuat seseorang menjadikan apapun menjadi lahan buat cari uang.

 Yapss sebut sajaa nama tempat parkir tersebut adalah Alfamart dan Indomaret!!

Wah ada apa dengan mini market ini???? Yaps toko swalayan yang bergelar swalayan sejuta umat tersebut, Alfamart dan Indomaret pasti ada tukang parkir abal, satu gerai bisa lebih dari 2 orang. ganti-gantian.....ngasih 2 rebu gk dikembaliin ngasih seribu diterima. mereka datang dengan tiba", menarik ekor motor anda lalu dengan tampang muka bingung dan memelas mengharap uang. What?? yang saya sebel masalah parkir ini ketika saya pengen beli di alfamaret dan indomaret dengan harga lebih murah dari orang jual di warung kecil malah jadi lebih mahal.

Sebenarnya masalah yang utama terjadi dalam parkir alafamaret dan Indomaret yang pernah gue denger dan konon udah menjadi rahasia umum adalah ada alfamart dan indomaret yang ngelola parkir kalo sore sampe malem itu ada preman yang menjadi tukang parkir padahal jelas ada plang tulisan "parkir gratis" dan gue pernah nanya kasir alfamartnya gan katanya klo alfamartnya tutup, mereka suka mabok-mabokan didepan toko alfamart kalo gak dikasih izin bwt mereka buka lahan parkir takut diancurin tokonya dan kalian tau apa kerjaannya?? nongkrong ngerokok terus kalo ada motor parkir tinggal cantolin karcis parkir terus pas yang punya motor keluar dari toko alfamart/indomaret ngasih duit dicabut tuh karcis udah gtu aja, mereka gak mau bantu narik motor atau apapun langsung cabut jadi kerjaannya enak banget cantolin karcis parkir, Kadang2 naruh semacam nomor antrian di atas motor, mereka tetap aja nongkrong disitu pura2 bantuan motor yang mau keluar.dan well udah dapat duit deh!! 

Dan di bebrapa tempat, awalnya saya dateng kagak ada orangnya , bentar lagi saya keluar dari indomart eeeh tukang parkirnya nongol dan mintain duit secara halus namun maksa. Emang edian ini tukang parkir liar. Menelisik lebih jauh setelah saya cek and ricek ternyata hampir diseluruh tempat yang banyak kendaraan parkir, dalam hal krusial kayak gini sebenarnya bukan masalah uang nya tapi menurut saya ini adalah premanisme terselubung.

yg lebih lucu lg gan, temen saya pernah cerita pas dia nganter temennya ke ATM, nah dia nungguin dimotor dan temennya masuk salah alfamart. pas temennya udah dah balik. Dan dia dan temennya mau cabut, eh tuh kang parkir tiba2 nyamperin n minta uang parkir. WHAT !!! trus dia bilang “Uang parkir apaan? lahh gw diatas motor. eh itu kang parkir bilang " ya abang markir disini".....What the???!!”

Saya ngakak pas dia cerita begitu, oke kembali ke saya lagi hehe sebenarnya sih yak sesekali sih saya pribadi sih ikhlas aja ngasih duit begitu! Tapi kalo sehari harus beberapa kali misalnya mau ke atm yang ada di alfamart atau indomaretnya ada rasa ga terima juga dan cuma belanja mah gak nyampe 1 jam tpi parkirannya seribu. Wasyemmbb!! hahaha saya ga rela belanja misal cuma 10rb  tapi harus bayar parkir 1.000 yang ga jelas orangnya juga ga nungguin. Yang saya gak habis pikir, kalo pas dateng gak ada tukang parkir, eh pas mau keluar langsung dateng tuh tukang parkir minta duit, begitu nerima duit langsung kabur aja gak tau kemana, edian banget kan, minimal kalo motor ya dibantu keluar kek, disebrangin kek, ini malah cabut aza!! Giliran motor hilang gak mau tanggung jawab ~_~ Wasyemb..!! Kadang saya pribadi emang lebih cocok nyebutnya "Tukang Palak" :v

Nah kalau gtu sih misal mau ke alfa atau indomaret mending jalan kaki aja deh gan. kan sekarang udah deket tuh ma rumah (dimana2 aja).atau kalo belanja sekalian pagi2 banget atau malam2 banget di gerai yg 24 jam. biasanya sih ga ada tukang parkirnya jam segituu....

Atau pake cara simple seperti dibawah ini...!!



Ya kali masa cuma beli sebungkus mie aja aja.. kena biaya parkir :v Ya tauulahh Indonesia ada lahan dikit langsung sikat. Ini yang baru namanya aji mumpung dalam dunia parkiran di Indonesia.

Nah itulah sedikit kejelekan parkiran yang ada di Indonesia, Tapiiiii.... kadang ada yang "serius&niat;" jd tukang parkirnya lho gan..!! Pernah sekalinya saya ke pasar Cibubur, kalau siang hari bolong, lg terik-teriknya itu matahari, motor yg di parkir, joknya ditutipin pake kardus ( biar ga panas ) malah pernah pas ujan, tp ujannnya berenti, eh di elap-elapin jok motornya pake kanebo. kalo yg begitu mah gue ikhlas ngasih uang parkirnya...

Dampak dari oknum kayak diatas adalah banyak orang jadi males dateng ke alfamaret/indomaret yang ada tukang parkirnya, apalagi kalau cuma ke atm aja males klo ada tukang parkirnya.bukannya pelit ngasih uang parkiran begitu, tp lama2 jd membiarkan org jd males kerja. gw sih kasian aja sama pengusaha alfa/indomaretnya jd sepi gara2 tukang parkir. Mustinya pihak alfa/indomart tegas sama mereka oknum-oknum yang mencari lahan duit basah!!

Yaps,,, mungkin segitu aja kali ya berbagi pengalaman saya yang sebenarnya pengen gue luapin dalam bentuk tulisan, akhirnya bisa juga ngeluapinnya hehe, maklum sebuah rahasia umum memang susah diceritakan namun orang sudah mengetahui hal itu tapi rata-rata cuek aja. So, pedulilah dengan lingkungan sekitar kita, walbil khusus toko swalayan ataupun warung yang dekat dengan rumah kita.

Yapss semoga bermanfaat!!

Wassalamualaikum Warahmatullah


----------------


Written By : Muhammad Faisal Aulia

Contact : faisaulia@gmail.com


21 comments:

  1. itu ke arifan lokal yang kebablasan. ga mengapa. namanta juga kearifan lokal, keunikan lokal. preman yang mau berusaha "kerja".

    masalah mudah. buat pribadi. jika suatu saat transportasi umum murah (500 perak per irang dewasa) lebih baik belanja pakai angkot.

    jika ga seberapa jauh jalan kaki. :)

    jika ada alternatif tempat belanja ke situ aja. di warung "mbok darmi" menjual bahan pokok lengkap murah meriah. :mrgreen:

    jika ingin belanja ke indomart lantaran murah jangan lah belanja sedikit ;)

    buat penglelola swalayan. sebelum bikin swalayan bikin petugas parkir jadi jadian selama beberapa waktu. pilih yang berbadan suspek. jago bela diri. jangan lupa face nya yang bengis sekalian. sewa orang orang begini. jadi ada image kalo lahan parkir sudah ada yang punya.

    minta perlindungan hukum.???

    atau punya kenalan polisi, brimob, bisa minta tolong buat suka suka mampir. kalo perlu nongkrong sembari gratis belanja es teh kotak + makanan ringan. xixi. *biasanya rokok. minta tolong untuk 1 bulan saja. jadi imagenya ada pihak keamanan.

    tapi ada tuh sebagian swalayan tukang parkirnya ga minta bayran alias gratis. indomart buka lowongan tukang parkir aja. terus gaji deh bulanan. ya kalo omset gede juga ya. hehe.

    buat pemerintah. tolong bisa dibuatkan lahan parkir murah per jam gitu di tempat tempat yang banyak membutuhkan lahan parkir. jangan ruko aja dibanyakin. beli deh 1 - 3 ruko pas lagi kosong atau sewanya habis atau masih dalam bentuk rumah beli aja terus hancurin bikin lahan parkir bertingkat. dijamin jalan raya akan terhindar macet.

    atau mau memberdayakan parkir liar. dengan memberikan sertifikasi. selain pemkot dapat berapa persen nya, si tukang parkir juga dianggap legal. dan memenuhi prosedur tukang parkir yang profesional. kalo ada yang mau maling kendaraan konsumen si tukang parkir sudah siap mengorbankan nyawamya. xixi dramatis juga ceritanya. demi. demi keluarga aku ga preman lagi tapi kerja jadi pelindung dan melayani kendaraan terparkir. :cry:

    atau pemkot langsung gunakan cara tegas. tangkap para tukang parkir. sediakan penjara. beri makan dam pekerjakan para tukang parkir di industri kecil dalam penjara. begh mimpi keles. pokoknya gimana caranya mereka bisa sadar dan jera.

    apalagi yaaa :)

    ReplyDelete
  2. Wih super gan sharenya, ane dapet kata kuncinya nih "Kearifan Lokal yang kebablasan" hehe

    Sebenarnya sih ga masalah ada tukang parkir gan, masalahnya ntu fitur dari adanya tukang parkir liar itu kurang diaktifkan, jadinya masyarakat merasa dirugikan.

    But well ane sepakat kalau tukang parkir liar yang permanisme mabok2an dipenjara. Selebihnya kasian kalau dipenjara hehe :v

    ReplyDelete
  3. Yang bikin gendok, ane ngasih uang kembalian belanja 700 perak, ehh.. Dibalikin sama tukang parkirnya. Kata tukang parkir, "cuma 700, gak usah aja sekalian ". Klo itu tukang parkir pake seragam resmi ane kasih uang sesuai retribusi, lah ini pake kaos doang.. Masang tarif..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhehe iya emang begitu gan, kadang udah dibayar pun, mereka lepas tanggung jawab dan ga sopan.

      Delete
  4. Setuju sekali nie atikelnya, saya sampai bikin di videonya, saking jengkelnya nie sama parkir liar, https://www.youtube.com/watch?v=_u_Fpbh_bqQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mantep videonya bro, udah ditonton, setuju dan masih sinkron artikel ini dgn videonya :)

      Delete
  5. tolak parkir di alfa dan indomart bikin enggan belanja aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa jd maless om, bahkan sy cari parkir tempat lain wkwk

      Delete
  6. tolak parkir di alfa dan indomart bikin enggan belanja aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups harusnya manajemen alfa indo sudah harusnya ketat untuk masalah parkiran

      Delete
  7. ga usah bayar jelas2 tertulis parkir gratis bikin enggan belanja aja

    ReplyDelete
  8. ga usah bayar jelas2 tertulis parkir gratis bikin enggan belanja aja

    ReplyDelete
  9. makanya ..saya kalaw ke indomaret/alfamart...prefer naik sepeda aja & beli jangan cuma 1 item .. rugi bro ... naik sepeda selain menyehatkan juga mendukung udara bersih ... psst .. tidak bayar parkir pula ... he2

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe bener bro, enaknya kalau ada sepeda yaaa gtu, tp pernah juga ada sepeda markir di alfa/indo kena tarif parkir jg om, oalaahh

      Delete
  10. baru aja tadi gua kabur disamperin si tukang parkir abal indomaret hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ampe sekarang juga gua kabur kalau ada tukang parkir illegal, lumayan 2000 rupiah juga

      Delete
  11. Gua malah barusan adu argumen sama tukang parkir indomaret gara2 ga mau bayar. Tapi akhirnya bayar juga.
    Binatang emang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ngeselin bgt,bayangin aja 2000 satu motor per satu menit misalkan, kaliin aja kalau dia jam kerjanya ampe 8 jam, bisa kaya mendadak doi

      Delete
  12. Betull .. saya juga kesall bgt .. coba dah ke indomaret dekat kemang parkir di indomaret plus namanya..
    Jadi tmpt tmpt nongkrong dan ada tukang parkirnya.. masa gw kasih 2rb nolak minta nya 5rb gw rasa ni udh gila .. x ya.. cmn numpang toilet gw diminta 5rb.. cmn duduk duank tu parkiran

    ReplyDelete
  13. Kasih aja itu orang g mampu...
    Tapi kedok ya parkir asli pengemis...
    Sudah ada tulisan bebas parkir dasar sampah

    ReplyDelete
  14. Yahhh kl mau ngasih ya harus ikhlas... Kl gak mau ngasih trs dia maksa ajakin berantem aje... Jadi laki dikit gt... Gak dikit dikit curhat kyk emak emak

    ReplyDelete