Sunday, February 8, 2015

MEGA GALERY SILUET AN-NAJM ON MALIMPING BAGEDEUR BEACH BANTEN

Lelakijelata.blogspot.co.id - Assalamualaikum Warohmatullah, masbro dan masleds, kaifahaluk? Moga kabarnya sehat selalu, well sedikit share tentang foto-foto siluet hasil karya teman2 angkatan An-Najm LDK Syahid UIN Jakarta angkatan 2010 yang di take di Pantai Bagedeur Malimping hari Selasa, tanggal 27 Januari 2015, yang juga dimana pada tanggal tersebut merupakan kunjungan ke pernikahan teman kami di Malimping, Banten... Yapsss siapa lagi kalau bukan Upik dan Manan!! Barakallahum fik yaa semoga jadi keluarga Samara dan diberkahi keturunan yang shalih dan shalihah, aamiin. Wah alhamdulillah yaa, ga nyangka doi sang mas’ul kita ini duluan menyerang yang berasal dari negara api ala Avatar Legend of Aang, dengan jurus yang tentunya lebih beraksi xixixixi..., semoga semenjak dengan adanya negara api yang menyerang ini, temen2 yang lain juga pada ikut menyusul.. #ehh #kode #resolusimimpi #apaannsih

Walimah on Shoot!

LDK UIN Syahid On Malimping Beach, Banten

Yapss.. back to siluet foto yang merupakan hasil karya teman2 angkatan An-Najm LDK Syahid UIN Jakarta angkatan 2010, hasil jeperetan dari beberapa kamera yang entah berantah, yang jelas yang sudah dikomplikasikan dan diricek finally akhirnya telah lolos atas siluet foto yang masuk ke redaksi admin lelakijelata.blogspot.com

Sebelumnya.. yuk kita mengenal siluet itu apa sih? Menurut Wikipedia, Siluet adalah efek yang dihasilkan dalam fotografi karena adanya perbedaan signifikan antara pantulan cahaya objek utama di bagian depan gambar dengan latar belakangnya. Untuk menghasilkan siluet, cahaya dari bagian belakang objek harus sangat terang kemudian ditangkap dengan mengukur luminitas cahaya latar belakang. So, udah paham kan yang dimaksud definisi siluet?

Nah.. cara pengambilan siluet sebenarnya cukup mudah, tidak perlu memakai DSLR, cukup Handphone (HP) pun bisa, asalkan kontras cahaya yang seimbang dengan cara mematikan flash, kemudian cari kondisi pencahayaan yang tepat (backlight). Pencahayaan dalam pengambilan siluet memang lebih difokuskan pada background daripada objek, karena objek memang harus dibuat gelap tanpa merusak latar belakangnya. Jika ada terlalu banyak cahaya yang terkomposisi, maka foto tersebut akan menerangi objek dan membuat detilnya terlihat, bukan bayangan. Nah sebaliknya, jika tidak ada cukup cahaya dalam siluet yang kita ambil, maka latar belakang akan tampak abu-abu metalik dan merusak siluet. So,, cara terbaik untuk mengkondisikan pencahayaan semacam ini adalah memastikan backgroundnya lebih terang daripada objek yang difoto.

Contoh Siluet namun kurang sempurna, karena
objek lebih jelas dibanding background

And.. Sedikit info, siluet sebenarnya bisa dihasilkan juga lewat Aplikasi pengolah gambar (image editing) seperti aplikasi Adobe Photoshop, corel draw, bahkan siluet di presentas PowerPoint. Pihak microsoft pun akhirnya menambahkan sedikit banyak memiliki fitur pengolahan gambar yang sebelumnya hanya ada di aplikasi pengolah gambar, namun sekarang semenjak hadirnya  microsoft powerpoint 2010 membekali teknik persiluetan yang ada di tab format picture tersebut agar presentasi yang dibuat dapat lebih baik dan tentunya profesional.

Well.. dengan kamera seadanya yang diambil oleh temen2 lewat kamera HP, untungnya matahari dari posisi Malimping sangat pas untuk ngebacklight dengan sempurna, karena kebetulan tidak ada objek lain yang melewati, dan komposisi dari pencahayaan background yang ditimbulkan oleh biru warna laut nyaris membuat perfect sang siluet ini masleds!!

This mean bahwa untuk membentuk sebuah siluet yang sempurna sangat mudah, dan hasilnya hasil jepretan ala amatiran HP, ternyata mampu membuat mata mempesona dengan keindahan Siluet yang dicampur keindahan alam yang dihasilkan oleh temen2 An-Najm LDK UIN Syahid,  Berikut beberapa galery siluet An-najm on Pantai Bagedur, Malimping yang lulus sertifikasi siluet...cek this out!!










Thanks for reading and sharing, Wassalamualaikum Warahmatullah..

-----------------

Written By : Muhammad Faisal Aulia

No comments:

Post a Comment