Wednesday, August 6, 2014

ALL ABOUT TOURING SAWARNA, INTIP YUK!!

lelakijelata.blogspot.com - Assalamualaikum Warahmatullah, misiiii om dan tante, well kali ini guee mau ngereview all about tentang Sawarna. Udah pernah denger belum kata2 ini? yang belum, berarti masa hidupnya kurang bahagiaaaa ngoahaha :D Oke deh langsung aja, sawarna apa sih? Itu ikan bukan?? ehhh.... itu mah ikan Arwana #garing wkwk :D . Iya gini masbro dan masleds, Sawarna merupakan sebuah desa di selatan pulau jawa tepatnya di kecamatan Bayah, kabupaten Lebak, propinsi Banten.  Menurut hasil pengamatan gue secara langsung disana, Sawarna merupakan keindahan alam yang sangat amazing, mulai dari keindahan pantainya, keindahan gua, batu-batuan, ombaknya, surfing, sunset dan keramahan masyarakatnya. Menurut gue keindahaannya membuat orang rela kembali kesini lagi tanpa godaan setan terkutuk.

Salah satu eksotiknya Sawarna, Subhanallah!!

Pantai Sawarna, tebak siapakah orang ditengah tersebut wkwkw :D


Ohyaa, untuk masuk ke kawasan wisata pantai Sawarna, gue harus melewati jembatan gantung yang menyeberangi sungai, gue pikir ngapa ada jembatan gantung sungai disini ya?! Ohhh ternyata sengaja dibuat agar orang ga mudah mengakses sawarna secara langsung alias bakal bertemu dengan para petugas yang meminta biaya retribusi (yang konon katanya buat Pemda sana, masa sih? Jujur gue, agak kurang percaya ngoahaha), oke well biaya retribusi masuknya seharga Rp 5.000 per orang cyiiinn!! Murahh ediaaan!!

Sebenernya masalah pintu masuk Pantai Sawarna bukan masalah utama bagi temen2 mau yang mau ke Sawarna, tetapi ada masalah lain yang lebih important menurut gue. Oke supaya mudah dicerna, gue kasih pemetaan bagi yang pengen ke Sawarna. Masalah krusial dalam sawarna adalah masalah perjalanan dan masalah penginapan. Cek this out!

1). PERJALANAN

Hasil perundingan oleh sohib gue bernama Fajrul Syam Arzani (Fakultas Ekonomi UIN Jakarta), dan kebetulan pernah Touring bareng beliau ke Sawarna bareng dengan anak KAMMI Jakarta, kami menyimpulkan bahwa dalam rencana anggaran perjalanan diestimasikan sebagai berikut:

a. Bensin premium sekali jalan yang gue hitung sekitar kurang lebih 200 KM dari Jakarta ke Sawarna sebesar Rp 50.000, dengan kecepatan rata2 speedomenter 60 KM/Jam, kecepatan on GPS 50 KM/Jam., Deviasi penyimpangan speedometer dari GPS sekitar 6%.

b. Retribusi masuk ke Kawasan Pelabuhan Ratu bagi pengunjung luar daerah Rp 5.000/Orang

c. Retribusi masuk ke Sawarna Rp 5.000/orang

Untuk perjalanan kami mengestimasikan Rp 60.000 untuk satu motor sudah termasuk biaya retribusinya.

Bagaimana dengan rute? 

Rute dari Jakata – Sawarna by motor sebagai berikut:

Jakarta – Cibinong – Citereup - Sukabumi –  Lewat jalan alternatif Cikidang – Pelabuhan Ratu – Sawarna.

Kalau by Bus ke Sawarna juga bisa, rutenya sebagai berikut:

Terminal Lebak Bulus – Terminal Bis Rangkas – Terminal Bayah- Sawarna. Jalur alternatif  Terminal Lebak Bulus - Terminal Bis Sukabumi – Terminal Pelabuhan Ratu - Sawarna.

Berikut hasil gambaran, kalau misal berangkat dari Jakarta:



Jujur ya, yang gue rasakan perjalanan ini begitu melelahkan bro & leds. Gue kasih saran, bagi yang mau kesana, bener2 bawa perlengkapan se safety mungkin kalau perlu kasih surat wasiat ke orang tua wkwkkw #canda :D

Supaya mudah mengerti bahasa perlengapan safety saat toring, berikut perlengkapannya:

1.Helm, udah hal wajib yang musti dibawa :D
2.Jaket Motor, gue kasitau sebaiknya jaket terbuat dari bahan waterproof (tahan air) dan windproof (tahan angin)
3.Rompi Motor,  sebenernnya 11-12 lah sama jaket tapi bedanya rompi hanya sebagai alas dada penahan angin.
4. Sarung tangan, Gunakanlah sarung tangan agar tangan terlindung dari terik matahari atau udara dingin.
6. Jas Hujan
7. Balaclava (masker)
8. Decker (pelindung Lutut)
9. Sepatu Touring (Sepatu yang depannya bahan baja gtu deh), gue saranin para ikhwan/laki-laki wajib beli sepatu ini, karena sepatu toring lambang petouring sejati, pria punya selera ngoahaha :D




2). PENGINAPAN

Masalah berikutnya adalah penginapan. Setalah kita melihat beberapa tempat penginapan disana, karena akhir pekan, wisatawan cukup banyak, penginapan agak susah dicari. Apa lagi kalau mau mencari penginapan yang nyaman dengan budget pas-pasan. tapi secara umum, bisa gue katakan penginapan disana buanyaak banget cyiiin, tergantung kitanya pinter dalam mencari penginapan. Well berikut rincian penginapan yang telah kita eksekusi.

Penampakan Saung (rumah penginapan) di Sawarna

a. Biaya Sewa Saung 2 hari 1 malem (Full akses listrik, toilet, air hangat) sebesar Rp 100.000, well gue, fajrul dan anak KAMMI Jakarta patungan buat membayar biaya tersebut.

b. Total makan gue sendiri aja sekitar 30 ribu (Makan normal).
Intinya, gue sendiri mengeluarkan biaya semalam 2 hari 1 malam sekitar yaaa kurang lebih Rp 100.000, udah semuanya, kecuali makan cemilan gtuu deh. Relatif, gue ga doyan ngemil, tapi sohib gue yang satu ini doyan banget ngoahahaha :D

Well berikut diatas hasil penjabaran gue atas visiting Sawarna. Menurut sumber yang gue dapet, bahwa ada hal yang menarik yang akan bisa dikunjungi jika kita ke sawarna:
a.Lokasi Outbound
b. Of road sangko
c. Pantai legon pari
d. Pantai seupang
e. Sawarna beach & cave seribu candi
f. Camping in beach & cave seribu candi
g. Sunset pantai ciantir
h. Wisata goa lalay
d. Tracking gunung kembang
e. Surfing pantai ciantir


Mantan Personil GGS 48 di Sawarna


Touring with anak KAMMI Jakarta di Sawarna
Thanks to anak KAMMI Jakarta untuk Touringnya!!



Oke gitu aja kali ya pejabaraaaanya , capek men ngetiknya wkwk :D, oke deh see you on Sawarna!!

#Udah gtu ajalah
Wassalamualaikum Warahamatullah

Writed by : Muhammad Faisal Aulia


No comments:

Post a Comment