Wednesday, April 15, 2015

TEST RIDE YAMAHA YZF R15

Lelakijelata.blogspot.co.id – Assalamualaikum Warahmatullah, Holaaa alhamdulillah akhirnya ngetik lagi, setelah tertidur dengan kerjaan yang ada, akhirnya kembali ngurusin piaraan blog hehe, Oke sekarang saatnya masuk artikel sesi test ride. Walau artikel kali ini test ride dirasa basi, karena jauh hari Yamaha YZF R15 udah keluar pada tahun 2014 oleh YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing), but as well gak ada salahnya kita coba ya kan.

Yamaha YZF R15

Sebagai penikmat otomotif, rindu akan test ride itu rasanya sesuatu, maklum dengan dana yang minim tapi pengen banget rasanya test ride. Yowes minjem sepeda motor temen jadi bahan bully nya hehe. Yaps, Yamaha YZF R15 dengan tagline offical "Racing Instinct" merupakan motor sport fairing yang pertama kali di keluarkan oleh Yamaha Indonesia, di bekali dengan mesin SOHC 6 Speed, Liquid Cooled, rasio kompresi mencapai 10,4 banding 1. Semburan tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 14,8 PS pada putaran 8500 rpm serta torsi maksimal mencapai 13,1 Nm pada 7500 rpm. Jika di ukur berdasarkan torehan waktu dari 0-60 km/jam hanya butuh 4,89 detik. Dengan ukuran ban Size 130/70-R17 Tubeless (belakang) Size 90/80-17 Tubeless (depan), kemudian kapasitas isi tangki 12 Liter.

Hasil Sesi Test ride yang saya lakukan hanya di bagi dalam pengamatan atas cakupan skala, 1). Desain, 2). Ergonomi 3). Handling. Karena terbatasnya waktu untuk sesi test ride, oleh karena itu di batasi dalam skala tersebut saja di atas.

1.Desain

Kalau di tengok sekilas memang desain bodinya lebih mirip Old Vixion, nyaris mirip, paling beda di lekukan aja. Kalau bisa di nilai sih ya, seharusnya jangan pakai tangki beginian, karena ntar di sangka vixion modif hehe. Terus juga tangki di rasa kekecilan, alangakah lebih baik pihak Yamaha mengembangkan body otot tangki lebih gede untuk R15 versi berikutnya.

Bagian depan R15 untuk penerangan bohlam, tapi untuk sektor buntut memakai LED. Untuk Body yang dipakai Yamaha YZF R15 kalau di lihat lebih dalam kini bertekstur karbon, namun kalau di lihat dari jauh engga keliatan tekstur karbonnya. Sementara kalau di lihat dari segi  rangkanya berbahan dasar alumunium. Sehingga beratnya bisa menjadi lebih ringan namun tetap kuat, sama hal nya dengan swing arm (ayunan bawah motor) memakai bahan dasar alumunium, ini nih yang menjadi nilai lebih Yamaha YZF R15 karena desain swing arm tersebut berbentuk banana, layaknya motor di Moto GP, siapapun yang ngeliat di jamin ngowos ngiler banget.

Dan aura racing selain swing arm banana nya adalah, Buntut yang menjulang ke langit, begitu terlihat racy dan berasa mau membalap, balap sama odong-odong hahaha.  Iyaa menurut saya  siapapun yang pernah liat orang mengendarai Yamaha YZF R15 ini dengan goncengan orang di belakang, apalagi pas macet. Wasssliiii ngeri abis tinggi bangeeettttt, itu mata yang tadinya fokus ke jalan yang macet  jadi fokus ke motor tersebut....! Weleh2...

Nilai Desain Yamaha YZF R15 Point 8,5 dari 10.


2. Ergonomi

Ini, ga usah di sangkal, jika kita yang dulunya nyemplak motor bebek dan matic, pas nyobain motor sport ala nungging khas Yamaha di jamin bikin tangan pegel bak ngucek terasi di telapak tangan, ga percaya? Coba aja sendiri hehe, di jamin bosan hidup pakai R15 kalau lagi macet haha..

Jelas karena posisi yang nungging abis, membuat badan jadi nunduk, wajar aja namanya juga motor sport, ada gaya berarti ada kepegelan yang di korbanin. Encok di depan mata apalagi pas macet, dan apalagi pas goncengan, karena beban tubuh boncengan nyemplak sendi punggung di badan rider nya, otomatis beban moral, #ehh beban pegel jadi tanggungan si rider.

Sangat disarankan jika engga ga tahan sama kecapean dan suka bergaul sama macet, maka memakai Yamaha YZF R15 adalah NOT solusi. Namun jika anda yang suka matching dengan sebuah gaya, dan masih berjiwa anak muda, Yes!! Yamaha  YZF R15 dijamin bikin ketampanan naik 99,9%, di lirik orang di jalan, di lirik istri orang juga bisa #ehh.

Nilai Ergonomi kenyamanan Yamaha YZF R15 Point 5 dari 10.

Nilai Ergonomi Aura Racy Yamaha YZF R15 Point 9 dari 10.

3. Handling

Untuk soal likuk melikuk jalan berbelok belok. Sepertinya dari jaman kerajaan Mpu Tantular, yamaha emang the best, di akui atau tidak, rangka delta box sepeti vixion ini memang enak buat cornering (belok kanan dan kiri ala moto GP gtu dah...). Pokoknya ciamik abis. As Well Lumayan sangat baik dalam belok membelok. Setelah di coba oleh saya sendiri, kayaknya handling sendiri udah pas lah, Engga ada gejala ngehang atau ban slip pas belok.

Nilai handling Yamaha YZF R15 Point 9 dari 10.


Ya mungkin begitulah kurang lebih saya rasakan dari hasil pinjeman motor teman dan bentaran doang minjemnya hikss..., Ohya penilaian mungkin bagi orang lain dirasa berbeda, sebab penilaian diatas adalah subjektif berdasarkan hasil pengukuran saya saja. So, semoga jadi bisa sedikit bahan refrensi bagi teman2 yang ingin menggunakan Yamaha YZF R15 masuk ke dalam daftar pencariannya. Well.........!! So, Yamaha YZF R15 ? ngacirrr leek.. :D

Wassalamualaikum Warahmatullah

-----------------------

Written By : Muhammad Faisal Aulia

Contact : faisaulia@gmail.com

No comments:

Post a Comment