Thursday, April 16, 2015

MURID KU KECERIAAN KU JUGA

Lelakijelata.blogspot.co.id – Assalamualaikum Warahmatullah, Terkadang banyak hal di luar sana yang menjadikan kita ceria, mungkin yang punya hobby olahraga, seni, dan lain sebagainya tentu memiliki keceriaan sendiri. Misalnya seseorang ceria dengan bermain bola, wajar karena permainan adalah kesenangan. Namun, feel yang saya rasakan di banding hal seperti di atas adalah, berbagi ilmu seperti mereka adalah kesenangan tersendiri, entah bagimana rasanya sepertinya susah di ungkapkan, terlihat aura senyum mereka, iya senyum mereka...

SMPN 102 Jakarta, Cijantung adalah tempat ku berbagai ilmu, disini ku awali dengan perkenalan oleh salah satu guru dari SMPN 102 Jakarta, namanya Pak Burhan pada tahun 2012, beliau adalah guru Matematika pada SMPN 102 tersebut, sosok yang baik dan ramah, beliau meminta kepadaku untuk ada kelas tambahan mengajari anak kelas 9 SMP tahun ajaran Tahun 2013/2014 dan 2014/2015 ini. Dengan senang hati ku terima , karena rasa cinta ku kepada murid-murid akhirnya pengemban sebagai guru IPS  akhirnya ku lakuni dan setia mengajar mereka.

Saat dahulu pertemuan pertama kali, pada saat tahun ajaran baru, saya memulai kelas sembari melakukan perkenalan kepada siswa kelas 9 SMP, yang dimana untuk satu tahun kedepan ini saya diberi amanah untuk membimbing mereka untuk pelaran IPS yang katanya bagi mereka itu sangat membosankan dan sulit, terutama pelajaran Sejarah. Sebenarnya basic asli saya adalah orang ekonomi, tapi karena di amanahi sebagai guru IPS, otomatis, pelajaran Ekonomi, Geografi, Sejarah, Sosiologi, jadi santapan saya bersama mereka setiap pertemuan.

Awalnya mereka (anak muridku) tersebut amat canggung bertemu guru baru, tapi karena pembawaan saya yang humoris dan sedikit gaul (katanya), mereka pun cair seketika, mereka pun sepertinya asyik dan fun banget, dan begitupun yang saya lihat sendiri tidak ada raut ketakutan pada pelajaran saya. Karena setiap pembelajaran, saya selalu membumbui humor khas saya sendiri, mereka pun belajar sambil ceria, dan terkadang ketawa pun menjadi lepas terbahak-bahak sedemikian rupa, otomatis rasa ketawa saya juga ikut ketawa karena ketawa mereka. Ini yang membuat saya sendiri menjadi betah dan ceria bersama mereka. Walau saya membuat sedemekian cair, tapi semua anak murid tersebut tetap sopan. Alhamdulillah secara etika mereka pun baik, pelajaran IPS pun jadi menyenangkan.

Main HP aja santai, asal fokus belajar pas pembelajaran

Bagi mereka sendiri pun kaget, ko ada ya guru tapi ko berasa kayak temen banget gtu, beberapa ucapan selintingan yang saya dengar dari beberapa ucapan mereka. Sebenarnya saya sendiri berusaha untuk fokus yaitu, jadikan mereka bukan sebagai muridmu tetapi lebih ke arah adikmu. Otomatis nuansa cair itu ada, pelajaran tanpa nuansa tegang layaknya guru killer sebenarnya itulah yang mayoritas semua siswa di dunia mengharapkan. Trust me, if you want to be a good teacher, don't be a Killer Teacher!

Pembelajaran di lakukan terus sampai pada akhirnya tiba juga UAS mereka, setelah di lakukan UAS kelas 9 SMP, akhirnya usai sudah pembelajaran IPS bersama mereka, kadang ada hati kecil yang sedih, kangen sekali belajar dengan mereka, entah setelah besar apakah anak muridku akan mengingatku kembali? Walau perbedaan usia sampai 9 Tahun (karena saya sendiri masih muda), tapi saya tidak pungkiri bahwa saya banyak menambah ilmu dari mereka, banyolan khas anak SMP, saat mereka curhat kepada saya  dan sebagainya. Pengalaman indah akan mengakhiri perpisahan yang membuat  sedih jadi mendalam.

So, disini kakak (Ka faisal), sangat berterima kasih oleh kalian yang memberikan kebahagian baik untuk kakak sendiri dan kalian selama proses pembelajaran kita. Semoga kalian menjadi orang sukses selalu, taat sama Allah kemudian kedua orang tua, menjadi pribadi yang rendah hati dan tidak sombong, selalu ramah sama orang.

Mohon maaf kaka tidak bisa memberikan lebih daripada ilmu, dan  ingat nilai bukanlah segalanya, yang penting ilmu, kebersamaan, kesusahan dan kebahagian yang pernah kita lalui. So, kaka sayang kalian... sangat sayang kalian... Jangan lupakan kaka ya...

---------------------------

Foto Bersama saat perpisahan, semoga suatu saat kalian besar masih punya foto kalian besama saat SMP. Thanks to Siswa SMPN 102 Jakarta, Cijantung. Semoga masih bisa ingat terus nama kalian. Disapa ya kalau kita ketemu di jalan. Good luck...




Written By : Muhammad Faisal Aulia
Contact : faisaulia@gmail.com


3 comments:

  1. Ada ka rovy, kak fajar ^O^

    ReplyDelete
  2. Ada ka rovy, kak fajar ^O^

    ReplyDelete
  3. assalamu'alaykum.....
    saya juga alumni satu nol dua cijantung angkatan 1988/1989,
    salam kenal gan

    ReplyDelete