Monday, March 16, 2015

MUDAH MEMBUAT NPWP DI KANTOR PAJAK

Lelakijelata.blogspot.co.id – Assalamualaikum Warahmatullah, pemirsa dimanapun berada, alhamdulillah wa syukurilah akhinya bisa menuntaskan kuliah yang berjalan kurang lebih 4 tahun setengah dikit hehe gara2 keasikan kerja, ora popo, yang penting lulus dengan nilai subhanallah hehe.

Setelah lulus, tentunya saya dihadapi masalah eksternal yaitu tentang pekerjaan,  tentunya dalam dunia kerja, apalagi di perusahaan bonafit, segala kelengkapan surat-surat seperti KTP dan sebagainya adalah hal yang wajib kita penuhi, tidak pelak juga akan diminta yang namanya NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) !!

Kenapa harus buat NPWP???

Sebagai warga negara yang baik, tentunya kita harus mengikuti prosedural yang ada dalam negara ini, tapi kalau di tanya emang apa sih kegunaan NPWP ? kegunaan NPWP adalah Kemudahan Pengurusan Administrasi, Pengajuan Kredit Bank;, Pembuatan Rekening Koran di Bank, Pengajuan SIUP/TDP, Pembayaran Pajak Final (PPh Final, PPN dan BPHTB, dll), Pembuatan Paspor, Mengikuti lelang di instansi Pemerintah, BUMN dan BUMD.

NPWP Bagi seorang newbie yang baru lulus kuliah ataupun bagi yang sedang mencari pekerjaan, tentunya istilah NPWP dijamin akan terdengar di kuping. NPWP merupakan Nomor Pokok Wajib Pajak) dilaksanakan dengan system self assessment dimana Wajib Pajak mempunyai kewajiban untuk mendaftarkan diri ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Dan alhamdulillah nya saya iseng- iseng untuk mencoba mendaftarkan diri di KPP Pratama Pasar Rebo Jakarta Timur.

KPP Pratama Jakarta Pasar Rebo

Pelayanan yang cukup mudah dan sepertinya antrian tidak terlalu banyak, dan butuh waktu kurang dari setengah  jam, saya di panggil untuk pembuatan NPWP. Yaps hanya cukup membawa foto kopi KTP saja, langsung ditanganin, dan dalam waktu 2 menit nomor NPWP saya sudah keluar, wah mudah banget ya? Hehe tapi ternyata pembuatan kartu sampai sebulan, kok lama banget ya? Tp untungnya kartu itu di kirim langsung kerumah saya, wah wah bagus deh, males banget soalnya ke kantor pajak #ehh

Nomor antrian sudah terintegrasi layaknya Bank

Ya untuk suasana ruangan dalam kantor pajak sendiri sih.. karena sudah lama ga ke kantor pajak sepertinya sudah lumayan di benahi seperti susahnya menerima uang suap lagi hhehe kemudian ruangan yang sebenarnya kalau kata saya, KPP Pratama Pasar rebo ruangnya rada sempit, harusnya sih luasan dikit gtu ya, soalnya kerasa banget orang rame di kantor pajak, bikin suhu ruangan jadi panas dan gerah, apalagi kalau datangnya siang .. hadeuh..plis beli AC keg

Kalau datang kesini langsung, ruangan terasa sumpek dan sempit

Untuk prosedural bikin NPWP saya udah jelaskan di atas, tapi untungnya sempet memfoto banner cara membuat NPWP deh, biar pada jelas sekalian cara buat NPWP. Nah simple bukan?

Cara membuat NPWP

Yapss, itulah sedikit cara pembuatan NPWP alias sedikit unek-unek di kantor pajak. Semoga bisa bermanfaat dan membantu teman2 semua.

Thanks... Wassalamualaikum Warahmatullah

--------------------

Written By : Muhammad Faisal Aulia

Contact : faisaulia@gmail.com

No comments:

Post a Comment